RESEP BOLU KARAMEL SARANG SEMUT PRAKTIS

RESEP BOLU KARAMEL SARANG SEMUT PRAKTIS.Bolu karamel sering dihidangkan dalam acara keluarga seperti pengajian,tahlilan maupun arisan.Sepintas jika melihat bentuknya mengingatkan kita dengan kue bika ambon.Ini karena kedua jenis kue bolu karamel dan bika ambon bertekstur rongga seperti sarang semut.Entah dari mana asal usul bolu karamel chef sendiri masih mencari.Jika mengacu kepada proses dan model kue bika ambon bisa saja kue ini berasal dari daerah sumatera.

Tapi jika kita jalan keluar negeri disana juga terdapat bolu karamel namanya honeycomb cake.Proses pembuatan dan bentuknya sama persis seperti bolu karamel indonesia.Terlepas dari asal usul bolu karamel , chef akan membagikan resepnya.Yang perlu bunda perhatikan agar tidak gagal dalam membuat rongga bolu karamel sarang semutnya gunakan baking soda dan baking powder inilah kunci sukses bolu karamel.Baking soda untuk membuat kue berongga sementara baking powder untuk mengembangkan bolu.Mari kita mulai memasaknya yang bun..

Bahan Kue Bolu Karamel

  • 180 gram tepung terigu Ayak terlebih dahulu.
  • 50 gram tepung maizena
  • 425 gram gula pasir
  • 150 gram margarin
  • 2 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh baking powder
  • 200 milli susu kental manis
  • 8 butir telur ayam
  • 450 milli air panas

Cara membuat Bolu Karamel Sarang Semut

  1. Pertama kita buat karamelnya dengan cara panaskan gula pasir di atas wajan.Masak diatas api kecil sampai cair dan berwarna coklat.Setelah itu masukan air panas kedalam karamel danb iarkan sampai mendidih setelah itu angkat dandinginkan.Proses ini sangat penting ya bun jangan sampai karamelnya menjadi pahit akibat gosong.Jadi selalu awasi pembuatan karamel ini.
  2. Kocok susu kental manis dan margarin sampai putih mengembang dengan mixer.Selama proses mixer masukan satu persatu telur, satu persatu bun jangan sekaligus.Matikan mixer ketika bahan sudah mengembang. 
  3. Masukkan terigu yang telah diayak sebelumnya dan baking powder serta baking soda. Lalu tambahkan juga tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  4. Masukan karamel kedalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga berubah warna.
  5. Langkah berikutnya tuangkan adonan ke dalam loyang tulban yang sebelumnya telah dioles margarin dan ditaburi sedikit tepung.
  6. Masukkan ke dalam oven dan Panggang dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang tergantung tingkat kematangannya.
Selain dipanggang di oven bunda bisa juga dengan cara dikukus.Sesuai selera dan peralatan dirumah bahkan jika bunda tidak punya oven maupun dandang kukus bisa juga menggunakan magic com.Selamat membuat bolu karamel sarang semut semoga sukses dan menjadi resep favorit keluarga dirumah.

Post a Comment for "RESEP BOLU KARAMEL SARANG SEMUT PRAKTIS"