Resep Roti Kukus Srikaya Dengan Magicom

Resep Roti Kukus Srikaya bukan seperti roti kukus yang sering orang maksud sebagai bolu kukus. Meski sama sama di kukus sangat beda baik bahan untuk roti kukus srikaya maupun bolu kukus. Heran saja ketika kita search di google roti kukus maka yang muncul banyak adalah bolu kukus.

Bukan hanya itu saja bahkan roti jon yang di kukus dengan berbagai macam toping seperti mayonaise maupun sosis dianggap sebagai roti kukus srikaya.Bukan itu, roti kukus srikaya lebih mendekati dengan bakpao.

Kali ini kita akan membuat roti kukus dengan bahan dan peralatan yang sederhana siapapun bisa membuatnya di rumah saat ini juga. Kita akan menggunakan magicom sebagai alat kukusnya.

Resep Roti Kukus

Proses Persiapan : 60 menit
Prosi : 4 orang
Lama Memasak : 20 menit

Bahan Roti Kukus Srikaya

  • 200gr terigu
  • 5gr ragi
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt garam
  • air 125ml
  • 2 sdm minyak

Cara membuat roti kukus

  1. campur semua bahan aduk sampe rata dan ulenin sampai tidak lengket lagi
  2. diamkan selama 15 menit
  3. bentuk bulat
  4. oleskan minyak dalam mangkuk
  5. taruh bahan dalam mangkuk
  6. diamkan selama 15 menit
  7. kukus dengan magic com
  8. kukus selama 20 menit
  9. angkat dan dinginkan sejenak
  10. slice roti kukus sesuai selera
  11. oleskan selai srikaya bisa yang kuning maupun yang pandan

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat roti kukus srikaya bisa dilihat disini di video tutorialnya Resep Roti Kukus

Untuk isi srikaya ada banyak varian sebenarnya ada yang murni yang berwarna kuning maupun yang beraroma pandan dengan warna hijau. Dimakassar kalau kamu sering travel kesana terdapat juga srikaya berwarna coklat kekuning kuningan ini karena srikayanya menggunakan gula merah.

Saya sudah pernah mencoba srikaya dari makassar dan rasanya khas cocok untuk roti bakar. Untuk membuatnyapun sangat mudah.

cara membuat selai srikaya

Bahan resep srikaya makassar

  • Santan 300ml
  • 2 kuning telur
  • Gula merah 150gr

Cara membuat selai srikaya makassar

  1. Campurkan semua bahan dan kocokan sampai gula larut
  2. masukan air dalam panci besar dan panaskan
  3. masukan adonan selai srikaya dalam panci kecil dan tim diatas panci besar tersebut.
  4. Aduk hingga 1 menit tutup panci dan masak hingga 15 menit lakukan 3x jadi total waktu 45 menit
  5. masak dengan api sedang hingga mengental
  6. Angkat dan dinginkan, masukan dalam botol

cara ini berlaku juga untuk srikaya yang di jual pada umumnya untuk srikaya rasa pandan tinggal tambahkan perasan air pandan atau essense pandan. Untuk srikaya yang berwarna kuning menggunakan gula pasir.

Roti Kukus Bandung Atau Kuro ( kukus roti )

Roti biasa yang di isi toping lalu di kukus kurang lebih 15 menit hingga keju dalam roti melumer biasanya menggunakan keju mozarella. Untuk toping roti kukus bandung ada banyak variasi bisa disini dengan sosis,coklat,keju dan sebagainya.Sesuai pesanan dan order.

kuro bandung

Roti Kukus Bakar

Ini juga sama seperti roti kukus bandung menggunakan roti jadi yang di kukus lalu dibakar. Untuk topping atau isi dalam roti banyak varian seperti kalau kita memakan roti bakar pada umumnya ada cokalat ,kacang,keju,kornet,telur,straberry dan lain lain.

Roti Kukus Bakar

Usaha roti kukus lagi sangat digemari dan menjadi trending dibeberapa kota besar seperti bandung,jakarta dan yogya. Bahkan konon usaha roti kukus bakar dibandung sehari bisa menjual hingga 1500 pcs roti kukus.

Apakah roti kukus srikaya dengan magicom dapat dipakai untuk usaha ? bisa saja apalagi cara pembuataannya sangat mudah dan murah.Untuk roti kukus srikaya bakar cukup dibakar saja seperti umumnya roti bakar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment for "Resep Roti Kukus Srikaya Dengan Magicom"