NASI UDUK BETAWI GURIH DAN LEZAT

NASI UDUK BETAWI GURIH DAN LEZAT sarapan khas orang jakarta. Asal usul nasi uduk ini pertama kali dibawa oleh masyarakat betawi, hingga akhirnya semakin terkenal ke seluruh penjuru nusantara. Untuk itu pada kesempatan kali ini chef akan berbagi Resep Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Yang Gurih dan Lezat.

Tidak usah khawatir, membuat nasi uduk betawi tidaklah rumit kok bun. chef yakin bunda bisa mencobanya sendiri dirumah, prosesnya cukup sederhana kok dan gak ribet-ribet amat. Daripada harus beli-beli di warung, mending coba praktekin sendiri. Lebih hemat dan lebih sehat pastinya untuk disajikan bersama keluarga. Berikut Resep Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Yang Gurih dan Lezat.

Bahan-Bahan Nasi Uduk Betawi 

500 ml santan cair
400 gram beras
2 batang serai
2 lembar daun salam
1 sdt garam

Bahan Sambal Kacang 

100 gram kacang tanah goreng
4 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
1 sdt gula merah, di iris-iris
½ sdt garam
150 ml air matang
1 sdm air asam

Bahan Pelengkap nasi uduk

  1. Emping goreng
  2. Teri nasi goreng
  3. Bawang goreng
  4. Kacang tanah goreng
  5. Dadar rawis
  6. Telor Bulat

Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Yang Gurih dan Lezat  :

  1. Pertama kukus dulu beras hingga setengah matang. Tunggu sekitar 20 menit. Angkat dan letakkan kedalam panci.
  2. Selanjutnya masak santan bersama daun salam, serai dan garam sampai mendidih. Angkat, kemudian tuangkan kedalam beras. Masak dengan menggunakan api ukuran kecil sambil diaduk-aduk hingga santan meresap habis, angkat.
  3. Kemudian kukus nasi hingga matang dan harum, angkat
  4. Sajikan dengan menambahkan sambal kacang dan bahan pelengkap. Cara membuat sambal kacang yaitu bahan-bahan sambal kacang dihaluskan semua, kemudian cairkan dengan air hangat.
Resep diatas dapat dinikmati untuk 6 orang.

Jika mendengar buat nasi uduk bunda pasti sudah berfikir aduh ribet harus diuleni masak pakai dandang. Itu betul jika bunda menggunakan cara tradisional tapi jaman sekarang cukup dengan rice cooker pun bisa. Hanya pada saat setengah matang jangan lupa di aduk nasinya begitupun sesudah matang aduk kembali nasinya biar pulen ya bun.

Post a Comment for "NASI UDUK BETAWI GURIH DAN LEZAT"