TEMPE BACEM JAWA

TEMPE BACEM JAWA. Tempe bacem adalah salah satu resep mengolah tempe dengan bumbu manis khas jawa. Biasanya, bacem menjadi makanan sehari-hari masyarakat yang tinggal di daerah jawa tengah, jogja dan sunda. Walaupun ada daerah lain yang juga mengenal bumbu khas ini, namun tak seakrab di daerah-daerah tersebut.

Mengolah tempe, tahu, telor, hingga ayam dengan bumbu bacem, tidaklah sulit. Bunda hanya memerlukan 4 hingga 5 jenis bumbu dapur sederhana, disamping bahan utamanya. Olahan ini, juga awet. Semakin lama disimpan dan di hangatkan, semakin legit dan lezat rasanya. Hampir sama dengan bumbu ungkep lainnya, yang dapat disimpan dalam lemari es setelah mengungkep nya, lalu goreng kembali ketika bunda akan menyantapnya.

Bahan tempe bacem :

250 gr tempe, potong dengan ukuran 2×3 cm
250 ml air kelapa/air biasa
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
3 sdm gula merah sisir
Kecap manis
Garam

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 sdm ketumbar
3 buah kemiri

Cara membuat tempe bacem:

  1. Siapkan panci ukuran sedang untuk mengungkep. Isi dengan air kelapa atau air putih, bumbu halus, gula merah, garam, dan kecap, lalu diaduk hingga rata. Kemudian tata tempe kedalam panci, dan masukkan sisa bumbu seperti daun salam dan lengkuas.
  2. Ungkep tempe, dalam panci tertutup dengan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap sempurna. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin.
  3. Sebelum disajikan, goreng sebentar agar teksturnya menjadi lebih kering namun tetap legit. Sajikan selagi hangat.
Resep tempe bacem Jawa ini enak juga untuk cemilan pengganti gorengan. Bunda dapat menyimpannya dalam kulkas untuk persediaan. Biasanya, menyantap tempe bacem lebih nikmat dengan sambel terasi. Olahan sederhana yang murah meriah ini, memiliki rasa legit yang luar biasa.

Post a Comment for "TEMPE BACEM JAWA"