KUE ONGOL ONGOL MANIS KENYAL

KUE ONGOL ONGOL MANIS KENYAL.Entah dari mana sejarahnya kue ongol ongol ini muncul menjadi jajanan pasar dihampir semua kota di indonesia.Ada yang bilang berasa dari jakarta kudapan khas orang betawi namun ada pula yang mengatakan kue ini aslinya dari indramayu jawa barat.Yang unik tiap daerah punya nama sendiri untuk ongol ongol.Kuat dugaan saya kue ini berasal dari indonesia timur.

KUE ONGOL ONGOL MANIS KENYAL

Resep asli ongol ongol menggunakan tepung sagu.Ciri khas makanan adat kebanyakan daerah di indonesia timur menggunakan tepung sagu salah satunya yang paling terkenal adalah papeda.Tepung sagu bukanlah pilihan utama untuk orang jawa mereka lebih terbiasa menggunakan tepung beras.Terlepas darimana asalnya kue ongol ongol yuk kita coba memasakanya.Untuk resep kali ini kita menggunakan tepung hunkwe ya bun.

Tepung hunkwe kita pakai karena kemiripan tekstur dengan tepung sagu jika di dekat rumah bunda susah mencari tepung sagu bisa gunakan tepung hunkwe.Tepung ini terbuat dari kacang ijo jadi sangat menyehatkan dan mengenyangkan.

BAHAN KUE ONGOL ONGOL

  • 125 gram tepung hunkwe
  • 250 ml air
  • 100 ml air
  • 125 gram gula merah
  • 25 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Taburan Kue Ongol Ongol

  • 1/2 butir Kelapa muda parut memanjang
  • 1/4 sdt garam

CARA MEMBUAT KUE ONGOL ONGOL

  1. Kukus kelapa dan garam kurang lebih 30 menit sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Masukkan tepung hunkwe dan 250 ml air kedalam bowl, kemudian aduk sampai larut, sisihkan.
  3. Masak 100 ml air, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan sampai hangat, kemudian angkat dan saring.
  4. Masak kembali air gula sampai mendidih. Tuang air tepung hunkwe sambil diaduk- aduk hingga mengental dan matang. Angkat dan masukkan dalam loyang. Dinginkan.
  5. Potong ongol-ongol yang sudah dingin sesuai dengan selera, gulingkan ongol-ongol ke dalam taburan kelapa yang telah dikukus. Sajikan.
Untuk rasa manis bisa disesuaikan dengan selera.Tips selanjutnya adalah dalam memilih gula merah.Jika bunda menginginkan warna ongol ongol lebih gelap maka pililah gula merah dari aren warnanya agak kehitaman dibandingkan dengan gula merah dari kelapa dia lebih coklat muda.Kalau saya sih lebih memilih yang aren ya bun karena lebih wangi dan warnanya juga lebih kuat.

Ongol ongol sebagai kue jajanan pasar prospeknya bisa dibilang cukup menjanjikan.Tidak butuh modal yang besar tidak butuh peralatan yang aneh aneh cara pembuatannya cukup mudah dan cepat.Sangat bagus buat bunda yang sedang mencari usaha sampingan.Selamat mencoba resep kue ongol ongol semoga sukses acara memasakanya dan menjadi resep favorit keluarga dirumah.

Post a Comment for "KUE ONGOL ONGOL MANIS KENYAL"