CIRENG BUMBU RUJAK

CIRENG BUMBU RUJAK. Cireng atau aci goreng merupakan makanan yang berasal dari daerah Sunda. Cemilan ini sangat terkenal pada era 80-an. Apalagi yang berada di Bandung, disetiap sudut kota selalu ada yang menjajakan cemilan ini dengan berbagai variasi rasa dan bentuk. Ada cireng dengan isian seperti, bakso,sosis,telur,ayam,udang,abon dll. 

Nah, selain cireng isi juga ada cireng crispy. Cireng crispy ini lebih disukai karena selain enak juga ada kriuk-kriuknya. Oleh karena itu kali ini kita akan mencoba membuat cireng crispy. Dengan perpaduan bumbu rujak akan menambah cita rasa pada cireng crispy.Yuk bun langsung dicoba, cara membuatnya juga gampang banget loh.



Bahan dan bumbu Cireng Bumbu Rujak 

1/2 sdt bawang putih halus
200 gram terigu
150 gram tepung aci
200 ml air panas
2 sdm ebi, haluskan
2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang daun seledri, iris tipis
garam, merica dan kaldu ayam bubuk sesuai selera

Sambal Cireng bumbu rujak 

2 sdm kacang tanah goreng
5 buah cabe rawit merah atau sesuai selera
1 gandu gula merah
1 sdm air asam jawa
garam secukupnya
air hangat secukupnya
Cara membuat bumbu rujak cireng : Semua bahan diulek hingg halus kemudian beri air secukupnya, aduk rata dan siap untuk disajikan.

CARA MEMBUAT CIRENG BUMBU RUJAK 

  1. Campur rata semua bahan cireng, Tuang air panas sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan bisa dibentuk. Bentuk adonan bulat-bulat lalu pipihkan, goreng hingga matang merata lalu angkat dan tiriskan.

Post a Comment for "CIRENG BUMBU RUJAK"