BUBUR BASSANG MAKASSAR KUAH SANTAN

Bubur Bassang Makassar kuah santan. Jenis jajanan pagi khas daerah makassar ,bahan utamanya dari jagung pulut atau di kenal sebagai jagung ketan warnanya putih pulen , jagung jenis ini bun banyak terdapat di daerah ntb,ntt,sulawesi,papua.Buat bunda yang di jawa dan sumatra tidak perlu kuatir karena bebarapa tahun belakangan sudah mulai di budi dayakan.

Jagung ketan/pulut mengandung protein tinggi bagus untuk jantung,kolestrol terutama untuk penderita diabetes bun.Chef bagikan resepnya semoga bisa dijadikan alternatif sarapn pagi di rumah bun karena jagungnya bersifat ketan sangt kuat untuk menahan lapar hehehe.

Bahan Bubur Bassang Makassar

  • 200 gr jagung pulut atau jagung ketan
  • 1 liter santan
  • 1 liter air untuk merebus
  • 200 ml santan kental
  • 100 ml air
  • 50 gr tepung beras
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanili
  • gula pasir

Cara Membuat Bubur Bassang Khas Makassar 

  1. Kupas jagung bassang dan bersihkan lalu rendam jagung bassang sampai semalaman.
  2. Kemudian rebus jagung bassang sampai lunak lalu tambahkan air jika rebusan hampir habis sedangkan jagung belum lunak.
  3. Kalau jagung sudah lunak tambahkan santan cair dan daun pandan. Aduk terus agar santan tidak pecah sampai mendidih.
  4. Larutkan 50 gr tepung beras dengan 100 ml air lalu masukkan kedalam rebusan jagung. Aduk rata dan biarkan sampai mengental.
  5. Masukkan santan kental, garam, dan vanili bubuk. Aduk rata sampai adonan meletup-letup lalu matikan kompor.
  6. Angkat dan sajikan bubur bassang ini selagi masih hangat jangan lupa taburkan gula pasir sesuai selera.

BUBUR BASSANG MAKASSAR KUAH SANTAN


Untuk topping selain gula pasir bunda bebas berkreasi dengan topping lain sesuai selera.Bisa ditambahkan es batu dan sirop atau di tambah kan coklat dan keju.Pokoknya untuk masalah topping tidak ada batasan untuk bekreasi.Mungkin masalah paling utama mencari jagung putihnya.Bunda bisa searching di toko online sudah banyak yang menjual mentahnya.

Bahkan dimakassar sendiri hidangan bubur bassang ini sudah mulai diproduksi dalam bentuk kemasan.Banyak manfaat yang bisa bunda dapatkan dari hidangan sarapan bubur bassang ini.Semoga resep ini bermanfaat dan bisa menjadi sajian alternatif sarapan keluarga bunda di rumah.Selamat mencoba semoga sukses.

1 comment for "BUBUR BASSANG MAKASSAR KUAH SANTAN"

  1. mygrandad playing video game - YouTube
    mygrandad playing video game. mygrandad playing video game. mygrandad playing video game. mygrandad playing video game. mygrandad playing video game. mygrandad playing video game. youtube to mp4 mygrandad playing video game.

    ReplyDelete

Post a Comment