KUE KLEPON DARI TEPUNG KETAN ISI GULA MERAH

KUE KLEPON DARI TEPUNG BERAS ISI GULA MERAH.Jajanan pasar ini termasuk favorit chef kalau makan tidak bisa cuma 3-4 biji ,chef bisa makan sampai 8-10 biji.Entah dari mana asal kue ini yang jelas ini cemilan ini setahu chef termasuk makanan tradisional indonesia di jawa disebut klepon sedangkan di sumatera dan malaysia disebut onde-onde.chef kuatir suatu hari klepon akan di claim milik malaysia hahaha.

Kalau bunda susah mendapatkan daun suji bisa diganti dengan daun pandan.Jika dirumah juga tidak terdapat daun pandan bunda bisa mengganti dengan essense panda.Banyak dijual bebas di toko kue.Untuk tepungnya sendiri chef gunakan tepung ketan bisa dengan mudah bunda dapatkan di pasar pasar tradisional.



Atau jika bunda ingin merasakan sensasi memasak ala orang tua kita jaman dahulu bunda bisa menumbuk beras ketan.Ditumbuk dengan alu sampai bener bener halus lalu bunda tapis dengan saringan tepung.Nah tepung halus tersebut yang bunda gunakan.Ya hitung hitung memasak sambil berolahraga ya bun hahahaha.

KUE KLEPON DARI TEPUNG KETAN ISI GULA MERAH

Bahan kue Klepon


150 ml air
1 sdm air daun suji pandan bisa pakai pewarna pandan tapi chef lebih suka yang alami daun suji
1 sdt air kapur sirih
½ sdt garam
250 g tepung ketan yang bagus mutunya
100 g gula merah, sisir
100 g kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang, kukus

Cara membuat Kue Klepon

  1. Campur air, air suji, air kapur sirih, dan garam.
  2. Tambahkan tepung ketan, aduk dan uleni hingga tercampur rata.
  3. Bentuk tiap 2 sdt adonan menjadi bola-bola.
  4. Pipihkan, isi dengan sedikit gula merah, bulatkan kembali.
  5. Rebus bola-bola hingga mengapung dan matang.
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Gulingkan dalam kelapa parut hingga terbalut rata.Sajikan Untuk 40 buah
Demikian resep kue klepon sangat mudah ya bun.Selain dengan tepung beras,bunda juga bisa menggantinya dengan ubi jalar baik yang bewarna kuning,merah ataupun ungu.Untuk isi klepon sebenarnya bunda bisa berimprovisasi mengganti dengan isian lain seperti nutella atau yang lainya.

Sebagai jajanan kue ini lumayan cepet laku.Jadi jika bunda masih bingung ingin usaha kuliner untuk jajanan anak sekolah.Kue klepon ini bisa menjadi salah satu solusi bagi bunda.Semoga resep ini bermanfaat selamat mencoba di rumah Sukses resepnya sukses masakanya.