WINGKO BABAT KUE TRADISIONAL LAMONGAN

WINGKO BABAT KUE TRADISIONAL LAMONGAN.Pernah ke semarang ? kalau pernah pasti sudah tidak asing dengan kue wingko babat.Orang banyak mengira wingko babat ini dari semarang aslinya kue ini dari daerah babat di kota lamongan.Kue ini dijajakan mulai dari terminal sampai stasiun dan kue ini enak banget.Wangi pembakaran berpadu dengan kelapa menghasilkan aroma sedap yang mengundang selera.Jaman dulu proses pembuatannya dengan cara dibakar beda dengan sekarang wingko diolah menggunakan teflon.Untuk cita rasa baik yang diolah tradisional maupun teflon rasanya tetap sama.

WINGKO BABAT KUE TRADISIONAL LAMONGAN

Kita bisa melihat secara nyata perbedaan wingko yang diolah tradisional maupun dari teflon, caranya mudah cukup melihat kuenya bersih dan warna pembakaranya coklat itu menggunakan teflon sebaliknya jika kuenya terlihat agak gosong dan kehitaman wingko tersebut diproses dengan cara tradisional yaitu dibakar.Saya sendiri lebih senang dengan olahan tradisional rasa gosongnya itu yang membuat wingko lebih nikmat.

Nah untuk resep wingko babat yang mau kita buat kita tidak menggunakan cara tradisional tapi kita akan menggunakan wajan teflon untuk membakar wingko babatnya

BAHAN WINGKO BABAT

  • 200 gram tepung beras ketan
  • 1/2 sdt vanili bubuk atau essen vanila
  • 250 gram gula pasir sesuai selera
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 buah kelapa setengah tua, parut
  • 200 ml santan kelapa kental
  • 1 butir telur

CARA MEMBUAT WINGKO BABAT

  1. Masukkan tepung ketan putih, gula pasir, garam halus, vanili bubuk, santan, telur dan kelapa parut ke dalam mangkuk, aduk rata.
  2. Ambil adonan, lalu bentuk bulat dan pipihkan.
  3. Panaskan pan dadar, panggang wingko hingga berwarna kecokelatan dan matang. Angkat dan sajikan.
Sangat mudah dan cepat membuat wingko babat hanya butuh waktu setengah jam.Nah demikian resep kue wingko semoga bemanfaat dan tidak perlu sampai ke semarang hanya untuk mencicipi kue wingko cukup mencoba mengolah dirumah saja.Semoga sukses masakannya dan sehat selalu.

Post a Comment for "WINGKO BABAT KUE TRADISIONAL LAMONGAN"