PISANG GORENG PONTIANAK KREMESNYA CRISPY

PISANG GORENG PONTIANAK KREMESNYA CRISPY.Terinspirasi dari cerita anak presiden yang berjualan pisang goreng nugget , chef jadi keingat pisang goreng pontianak yang kriuknya wuihh bikin ketagihan.Jajanan ini favorit banget mungkin di tempat bunda namanya pisang goreng kipas karena memang di belah seperti kipas tapi apapun itu chef akan bagikan resep serta cara pembuatanya.

Bahan utama Pisang goreng Pontianak 

1 sisir (10 buah) pisang kepok.
1½ lt minyak goreng.

Bahan Pencelup Pisang Goreng Pontianak

125 tepung terigu protein sedang (Segitiga biru bisa)
¼ sdt garam
250 ml air
1 sdm tepung beras
1½ sdm gula tepung


Bahan Kremesan Pisang Goreng Pontianak

1 lt air
240 gr tepung beras
45 gr tepung sagu tani
1 sdm garam
20 gr gula merah, disisir halus
2 kuning telur

Cara Pembuatan pisang goreng pontianak

  1. Potong pisang seperti kipas melebar. Sisihkan.
  2. Aduk bahan pencelup sampai rata.
  3. Aduk bahan kremesan sampai rata.
  4. Panaskan minyak goreng. Tuang satu sendok sayur adonan kremesan. Biarkan mengambang. Kecilkan api. Kumpul-kumpulkan adonan sehingga menyatu.
  5. Celup pisang ke bahan pencelup. Masukkan ke bagian tengah kremesan yang sudah dikumpulkan. Lipat kremesan hingga menutupi pisang.
  6. Goreng sampai matang.

Tips Pisang Goreng Pontianak

Pemilihan pisang harus tepat. Pilihlah pisang kepok yang berwarna kuning atau semu hijau kekuningan yang masih keras pada saat dipegang. Karena jika terlalu matang, gorengan pisang akan benyek berair. Jika masih mentah, pisang goreng berasa sepat.

Berikan daun pandan pada minyak yang akan digunakan untuk menggoreng agar pisangnya memiliki aroma yang harum. Menggoreng pisang kremes lebih baik menggunakan 2 penggorengan yang masing-masing diisi minyak panas. Penggorengan pertama digunakan untuk menuang bahan kremes hingga melipat adonan. Penggorengan kedua digunakan untuk mematangkannya.

Pada saat menuang bahan kremesan minyak harus benar-benar panas agar bahan kremesan naik dan mengambang. Setelah bahan kremesan mengambang, kecilkan api agar bahan kremesan tidak cepat kering.

Info tambahan, resep bahan kremesan menggunakan kuning telur. Kuning telur ini jika digunakan bun akan menimbulkan rasa gurih manis. Tapi kremesan jadi kurang kriuk. Nah, pilihan dan selera tergantung bunda semua. Silahkan berkreasi. Semoga akhir minggu ini membahagiakan.